Sensasi Motor Kopling Manual

Assalamualaikum Wr.Wb.
Bagi para sobat sekalian pasti ada beberapa yang tunggangannya menggunakan transmisi kopling manual kan? Yapp walaupun ga semuanya pakai sihh, lha wong ada yang pakai kopling otomatis dan automatic (biasanya orang nyebut motor matic). Nahh kali ini saya mau bahas sensasinya naik motor berkopling manual. Tulisan ini dibuat bukan untuk meracuni sobat sekalian untuk punya motor kopling kok hehehe..  Hanya ingin berbagi sensasinya saja kok. :D

vixionContoh motor kopling manual. :D

Sebelumnya apa sih kopling manual itu? Coba tak jelasin dulu.. Kopling Manual adalah kopling yang bekerja secara manual yang dilakukan oleh pengendara itu sendiri. Mekanisme kerja kopling adalah putaran mesin dari poros engkol yang akan diteruskan oleh kopling menuju transmisi dan ke roda belakang, pada saat kanvas kopling dan pelat kopling merapat, akan tetapi putaran mesin dari poros engkol menuju ke transmisi akan terputus jika kanvas dan pelat kopling merenggang. Nahh itu pengertiannya, maaf copas dari Yahoo Answer hehehe piss bro.. :mrgreen:

Nahh sebenernya naik motor kopling manual itu ga susah-susah amat kok. Emang sih kalau yang biasanya bawa motor kopling otomatis itu begitu naik yang manual pasti beda. Belajar kopling manual juga cukup mudah kok, yang penting ada niat hehehe.. Lalu apa sih enaknya?
1. Tarikan enteng
2. Perpindahan gigi cepat
3. Kemudi motor yang mengatur seluruhnya dari pengendara
4. Kalau belok bisa mindahin gigi (motor kopling otomatis pasti susah)
5. Mengurangi sifat alay, yaitu smsan/telvon sambil berkendara :mrgreen:
Lalu beberapa yang terkadang bikin ga enak naik motor kopling juga ada lho. Yap pastinya tangan kiri terkadang pegel kalau lagi macet, iya lahh tarik kopling sana-sini sihh.. :roll:

Ohh iya satu lagi ketinggalan. Sebenernya ga cuma itu saja enaknya, ada lagi nih sob. Walaupun naik motor kopling itu setiap perpindahan gigi harus tarik kopling, tapi itu untuk rpm rendah. Sedangkan untuk rpm tinggi misal ketika ngebut dikecepatan 100 Km/h trus mau naikin gigi ga usah tarik kopling juga bisa kok, tenang saja mesin tak akan mati.. Sensasinya bakalan beda dehh pokoknya hehehe.. :D

Bagi para rider yang doyan ngebut pasti pilihannya ya motor kopling manual, kelebihannya udah dijelasin di atas tuh. Kopling manual emang joss.. Bukan berarti yang otomatis ga joss juga lho. Tapi saya sendiri lebih suka naik motor yang berkopling manual sihh. Enak aja rasanya benar-benar beda hehehehe.. :D

Selanjutnya bagi rider yang pakai kopling manual trus naik motor yang berkopling otomatis pasti bakalan ga nyaman. Biasanya tangan kiri tarik-tarik kopling, ehh kali ini ga ada yang ditarik hihihhi :mrgreen:. Belum lagi dengan perpindahan gigi yang cenderung lebih lambat dari kopling manual, pasti rasanya benar-benar beda. Sedangkan bagi rider yang biasa naik motor kopling otomatis, begitu naik motor berkopling manual pasti bakalan bingung. Iya lahh pastinya kalau yang belum mahir bakalan mati-mati terus tuh mesinnya hihihi.. :mrgreen:

Ohh iya sampai lupa lagi lagi nih hehehe.. Beberapa motor kopling manual memang biasanya dipakai dimotor sport, ya walaupun masih ada juga dipakai di motor bebek. Contoh saja Jupiter MX, TVS Tormax, CS1, dan di ayago Satria FU juga. Sedangkan kopling otomatis kebanyakan dimotor bebek, contoh Vega ZR, Jupiter Z1, Supra X, Revo, Blade, dan masih banyak lainnya.. Beberapa motor kopling otomatis juga sekarang ini sudah banyak tuh yang diganti ke kopling manual. Gatau dehh sesabnya apa, mungkin enakan naik kopling manual kali yah menurut mereka. :D

Jupiter MX koplingJupiter MX tipe kopling manual.

Itu saja dehh yang bisa saya sampaikan. Apabila ada kesalahan kata mohon dimaafkan. Saya terima segala kritik, masukan, dan sarannya. Sekian dan terimakasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

*Gambar diambil dari Google

“Naik Motor Kopling itu Emang Enak”

Bagas29ps

About these ads