Belajar Motor Kopling Untuk Pertama Kalinya

Ehhh jangan lupa ambil catatan ya brosist sebelum membacanya hikhikhikhik..

Haloooo semua… masih pada puasa kan? Semoga aja masih, nahh kali ini bagas29ps akan menceritakan sedikit pengalamannya nihh. Yukk dibaca yukk.. Tentang apa yahh? Pastinya tentang motor dong..hehe :D. Hari Jumat(lupa tanggal berapa :mrgreen: ) Bulan(lupa juga bulan apa hehe :J ) Tahun 2012 (eittsss kali ini saya ga lupa :D ) saya datang sendirian dari Kebumen untuk main ke rumah ortu di Bogor(mudik nihh critanya, bukan kok :D ). Lagi liburan sekolah nihh, sambil nunggu pengumuman UN mending silaturahmi aja,sekalian liat “sesuatu” :mrgreen: . Begitu turun dari mobil travel, sampe depan rumah “wow calon motorku si piksen item” udah diparkir diteras dengan gagahnya nihh hehehe. Masih calon motor lho, kan belum dapet STNKnya dari bapa saya :D. Istirahat sebentar lalu kembali ke teras untuk melihat “calon motor”, tak tunggangi, tak elus” bentar sambil ngaca di tankinya..wohhh ganteng tenan muka saya ditangki hikhikhikhikhik :mrgreen: Ehhh maksudnya tangkinya bisa dipake ngaca brosist..hehe Tiba” ibu saya tanya ke saya, Gas emang bisa naik motor? Nyampe gak? Wohhhh ibu saya ngejek aku nihh hikhikhikhikhik… :D Saya minta kunci kontaknya, lalu dikasih trus tak colokin lalu starter, lhoo kok ga nyala? Waduhh kenapa nihh..jangan” motornya rusak. Telvon bapa aja dehh, katanya ada  kontak rahasianya di situ…(lokasi tidak saya sebutkan demi keamanan motor saya heheh :D) perlu di catet nihh..catet catet! :)

Ga lama setelah di telvon bapa saya pulang dari kantornya, trus saya ditanya lagi. Emang bisa naik motor ini gas? Lalu saya jawab bisa dikit ko. Hmmm nyalain kontak trus manasin motor langsung tancap gas. Buka kopling,ehhh mati mesinnya, gara” buka koplingnya kegedean. Perlu dicatet nihh :D Setelah berhasil jalan lalu wussss jalan sebentar..bagas29ps lagi tebar pesona dengan calon motornya hikhikhikhik..wooo pamer :mrgreen: Tapi kok ada yang anehh yah, begitu mau naikin gigi kok ga naik”, ternyata naik motor kopling harus dicungkil bro, kok saya waktu itu malah diinjek..hehe aku gatau soalnya. Perlu dicatet nihh.. tiba juga saat melalui polisi tidur, sialnya motor saya langsung mati gara” kopling ga saya tarik..perlu dicatet nih.. Yaudah nyalain motor lagi lalu balik ke rumah,ehh pas mau brenti motor kembali mati, lagi” lupa tarik koplingnya hehehe maklum lahh lagi belajar, ohh iya saya belajar motor kopling itu sendirian lho tanpa dipantau bapa saya, alias nekat hehehe kya nya perlu dicatet nihh.. :D

Sore harinya pada hari yang sama, kembali saya pakai tuh motor buat beli pulsa diwarung sana. Sialnya mesin kembali mati gara” lupa tarik kopling hehehe. Beberapa hari setelah itu saya disuruh beli makanan ikan di depan komplek perumahan, ya udah dehh laksakain aja skalian belajar naik motor kopling. Begitu di tengah jalan yang menanjak, kecepatan pelan posisi gigi 3 eehh mesin kembali mati. Waduhh lagi” lupa narik kopling sama nurunin gigi. Motor saya mundur beberapa meter brosist, mana posisi lagi di tengah jalan lagi haduhh..mana diliatin orang jadi malu nihh..hehehe :D Tapi saya ga panik ko, tangsung tarik rem depan, starter lagi langsung tancap gas sambil geleng” kepala..hikhikhikhik perlu dicatet nihh :mrgreen: Keesokan harinya lagi saya diajak bapa saya kemana-mana sambil dikasih pengetahuan seputar motor kopling, saya jadi boncenger nihh. Trus sambil jalan dikasih tau kalo ini motor kencang Gas hati” kalo naik motor itu kita yang ngendaliin, bukan motor yang ngendaliin kita..perlu dicatet nihh hehe Sambil Tanya” ini itu tentang kopling lalu cara mengerem yang baik dan saya praktekan setelah motor sampai di Kebumen. Kira” 1 bulan saya pulang dari Bogor motor baru sampe, setelah ngurusin surat”nya hehehe, ohh iya saya di bogor cuma 1 minggu aja kok, pelajaran singkat naik motor kopling nihh..hikhikhikhikhik

Nahh kita lihat catetan yang sudah ditulis di dalam otak ini..(lebay banget nihh kayanya :mrgreen: )

1.Perlunya kunci rahasia demi keamanan motor kita.

2.Untuk menjalankan motor dari diam sampai bergerak, bukaan kopling harus dibarengi dengan tarikan gas. Jangan buka kopling kegedean atau digas poll trus lepas kopling, bisa” kalian langsung stending alias loncatan maut..hehe :D

3.Saat naik motor kopling itu buat menaikkan gigi harus dicungkil, bukan diinjek. (mungkin ada sebagian motor yang berbanding terbalik dengan cara ini. Mungkin lho ehehehe :D )

4.Trik kopling saat RPM rendah atau saat mau berhenti.

5.Pada saat menanjak jangan lupa turunkan gigi ke yang lebih rendah saat RPM rendah/kecepatan sedang pelan.

6.Kita yang mengendalikan motor, bukan motor yang mengendalikan kita.

7.Belajar motor apalagi yang pake kopling harus dalam pengawasan orang lain. Jangan contoh perbuatan saya diatas yahh, belajar motor kopling kok tanpa diawasi. Alhamdulillah untungnya saya tidak pernah terjadi apa” dalam belajar kopling. Tapi boleh kok dicontoh keberaniannya aja..hikhikhikhikhik :D

Ini foto pertama kalinya si piksen di hp saya, gambar diambil saat malam hari..hehe

Dan sampai sekarang, Alhamdulillah saya sudah lancar dalam memainkan kopling. Tangan kiri udah mulai reflek nihh. Ga naik motor kopling sehari aja pasti tangan kiri rasanya kurang sesuatu. Mungkin saya udah kecanduan sama kopling nihh..hehehe :mrgreen: Suda ylah cuma itu aja sedikit pengalaman saya naik motor kopling untuk pertama kalinya. Sekian dulu tulisan aka curahan hati saya, mohon maaf apabila tulisannya kurang menarik dan apabila ada kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Terimakasih.. :D

Kalo pengalaman belajar kopling kalian gimana nihh? , share disini yahh.. okehhh :D

bagas29ps

